Pages

Berita Sepak Bola : Dedikasi Premier League untuk Sepakbola Inggris

Berita Sepak Bola : Dedikasi Premier League untuk Sepakbola Inggris

sumber berita Dedikasi Premier League untuk Sepakbola Inggris : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/47a712e6/sc/3/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A60C290C110A0A260C29548360C14970Cdedikasi0Epremier0Eleague0Euntuk0Esepakbola0Einggris/story01.htm
Soal menghasilkan uang, Premier League memang luar biasa. Mereka mencatatkan nilai kerja sama dengan angka yang spektakuler.

Untuk kompetisi musim 2016/2017, 2017/2018, dan 2018/2019, nilai hak siar Liga Inggris melonjak menjadi 8 miliar pounds atau senilai 168 triliun rupiah, yang terbagi dari 5 miliar pounds untuk siaran domestik, dan 3 miliar pounds untuk siaran luar negeri.

Sebagai operator liga, Premier League, membagi siaran luar negeri secara rata untuk 20 tim selama tiga tahun, dan 50 persen dari siaran domestik yang juga dibagi secara rata. Sisanya dibagi berdasarkan prestasi kesebelasan di klasemen, serta berapa banyak pertandingan mereka disiarkan.

Dengan nilai kerja sama yang begitu besar, melekat pula citra angkuh dalam siaran Liga Inggris. Berbeda dengan liga-liga lain seperti Liga Spanyol dan Liga Jerman, harga untuk berlangganan stasiun televisi yang menyiarkan Liga Inggris terbilang jauh lebih tinggi. Selain itu, sejumlah peraturan pun dibuat untuk menjaga agar siaran hanya disaksikan oleh mereka yang membayar.

Beberapa di antaranya adalah kerja sama dengan Youtube untuk menutup video yang menayangkan jalannya pertandingan, bahkan highlight sekalipun, karena BBC telah mendapatkan hak siar untuk menayangkan highlight. Premier League pun bekerja sama dengan twitter yang melarang penayangan klip vine yang berisi pertandingan Liga Inggris. “Hukumannya” tidak main-main karena twitter seringkali memberi peringatan hingga menutup akun yang membandel.

Kepolisian Inggris pun mesti membuat unit baru yakni unit anti-pembajakan dalam hal ini siaran lewat akses internet atau streaming. Beberapa orang ditangkap karena mengoperasikan situs yang menyediakan layanan streaming ilegal tentunya. Sebanyak 30 ribu situs penyedia streaming ditutup sejak musim kompetisi 2011/2012.

Kesewenang-wenangan inilah yang membuat Liga Inggris, dalam hal ini Premier League dicap kapitalis. Juru bicara Premier League, Dan Johnson, bahkan menegaskan itu semua. “Jika  Anda ingin tontonan sepakbola yang berkualitas, Anda harus mengganjarnya dengan uang,” tutur Johnson.

Premier League bukannya tanpa alasan. Mereka melakukan pelarangan tersebut sebagai kewajiban untuk melindungi para pemilik hak siar. Soalnya, cuma dari hak siar-lah Premier League mendapatkan nilai kerja sama yang teramat besar. Selain dibagikan ke tiap tim, keuntungan yang didapatkan Premier League digunakan untuk investasi dan fasilitas sepakbola di Inggris.

Alasan Premier League tadi bukanlah pemanis belaka. Setiap klub diminta “menyumbangkan” sebagian keuntungan mereka demi kemajuan sepakbola Inggris. Nilainya pun tidak main-main: 1 juta pounds!

Berawal dari Tuntutan Partai Buruh
Nuhun for visit Dedikasi Premier League untuk Sepakbola Inggris