Pages

Berita Sepak Bola : Pelangi di Jersey Rayo: Melawan Diskriminasi, Mengangkat Para Pejuang

Berita Sepak Bola : Pelangi di Jersey Rayo: Melawan Diskriminasi, Mengangkat Para Pejuang

sumber berita Pelangi di Jersey Rayo: Melawan Diskriminasi, Mengangkat Para Pejuang : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/47c2ba61/sc/3/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C0A20C1138440C29583830C750Cpelangi0Edi0Ejersey0Erayo0Emelawan0Ediskriminasi0Emengangkat0Epara0Epejuang/story01.htm
Vallecas - Rayo Vallecano punya sebuah cara nyata untuk ambil bagian dalam aksi sosial. Lewat seragam tandang bercorak pelangi, mereka menyuarakan dukungan untuk para unsung heroes dan melawan diskriminasi.

Vallecano baru saja meluncurkan seragam untuk musim 2015-2016 mendatang. Ada tiga seragam yang terdiri dari seragam kandang, tandang, dan seragam ketiga.

Tak ada perubahan berarti di seragam kandang, berwarna dasar putih dengan setrip merah yang merupakan warna tradisional Rayo. Yang paling menarik adalah seragam tandang dan seragam ketiganya.

Di seragam tandang, setrip merah yang biasanya melintang diagonal di atas warna dasar hitam diganti warna pelangi. Pelangi itu sendiri terdiri dari enam warna, yakni merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan ungu.

Penggunaan corak ini sendiri punya makna. Pelangi merupakan simbol atas perlawanan terhadap homophobia. Simbol ini pula yang diadopsi secara internasional untuk pergerakan 'Gay Pride'.

Nah, tiap-tiap warna di pelangi itu sendiri juga punya arti. Merah untuk mendukung mereka yang melawan kanker, jingga merepresentasikan penyandang disabilitas, kuning adalah perlawanan terhadap depresi, hijau adalah simbol lingkungan, biru sebagai tanda melawan kekerasan anak, dan ungu mewakili pergerakan melawan kekerasan rumah tangga.

Sementara di seragam ketiga, Rayo menggunakan warna dasar perak dengan setrip merah muda. Ini adalah sebuah simbol untuk meningkatkan kesadaran akan kanker payudara.

Di seragam ini pula disematkan lambang pita merah muda, lambang kesadaran terhadap kanker tersebut. Jersey ketiga ini kabarnya cuma akan dipakai saat bertandang ke kandang juara Spanyol dan Eropa, Barcelona.

Penjualan untuk tiap-tiap seragam tandang dan jersey ketiga ini nantinya akan disisihkan untuk donasi. Setiap 7 euro dari penjualan kaus tandang akan disumbangkan untuk kasus-kasus yang dikampanyekan lewat seragam ini. Sementara setiap 5 euro dari jersey ketiga akan disumbangkan untuk perjuangan melawan kanker payudara.

"Kami telah melepaskan penggunaan setrip tradisional untuk tujuan yang baik. Ini adalah sebuah isyarat untuk orang-orang yang secara anonim melawan isu-isu tersebut dari hari ke hari," kata Presiden Rayo Raul Martin Presa seperti dikutip AS.

Rayo sendiri cukup dikenal sebagai salah satu klub yang murah hati. Pada November 2005 silam, mereka membantu nenek berusia 85, Carmen Martinez Ayuso, untuk mendapatkan rumah baru setelah terusir dari apartemennya.

Nenek Carmen sendiri sejatinya sudah tinggal selama separuh abad di apartemen tersebut. Namun dia terpaksa pindah karena tak mampu lagi membayar sewa. Saat itu bahkan tak cuma pihak klub saja yang bertindak, para pelatih dan pemain turut patungan mengumpulkan dana untuk nenek Carmen.




Nuhun for visit Pelangi di Jersey Rayo: Melawan Diskriminasi, Mengangkat Para Pejuang