Pages

Berita Sepak Bola : Piala Kemerdekaan Bersifat Turnamen, BOPI Tak Jadi Memverifikasi Klub-Klub Peserta

Berita Sepak Bola : Piala Kemerdekaan Bersifat Turnamen, BOPI Tak Jadi Memverifikasi Klub-Klub Peserta

sumber berita Piala Kemerdekaan Bersifat Turnamen, BOPI Tak Jadi Memverifikasi Klub-Klub Peserta : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/4818c6d7/sc/3/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C140C130A5230C29686560C760Cpiala0Ekemerdekaan0Ebersifat0Eturnamen0Ebopi0Etak0Ejadi0Ememverifikasi0Eklub0Eklub0Epeserta/story01.htm
Jakarta - Tim Transisi akhirnya memutuskan 24 klub yang ikut dalam turnamen Piala Kemerdekaan yang digelar 1 Agustus mendatang. Namun keputusan keikutsertaan klub itu beda dari biasanya, yakni tanpa melalui verifikasi BOPI.

"Kemarin memang ada pertemuan Tim Transisi dengan BOPI. Dari hasil diskusi itu kemudian disepakati bahwa verifikasi klub untuk turnamen ini tidak dilakukan oleh BOPI, tapi semua menjadi otoritas dari Tim Transisi," kata Sekjen BOPI Heru Nugroho kepada detikSport, Selasa (14/7/2015).

"Karena ini sifatnya turnamen, bukan kompetisi, dan diselenggarakan untuk mengembalikan semangat pertandingan-pertandingan sepakbola, bukan seperti kompetisi liga besar yang dilakukan," tambahnya.

‎"Dan memang standarnya seperti itu, seperti saat turnamen Bali Island Cup, Polda Jateng cup, itu tidak pernah kami verifikasi sampai ke peserta. Jadi kalau dibilang mengendurkan (aturan), ya tidak. Kalau ada kompetisi lagi kami akan verifikasi secara ketat.

Nantinya BOPI hanya memverifikasi operator yang menjadi penyelenggara turnamen. Hingga kini operator belum ditetapkan meski kabarnya sudah ada sejumlah kandidat.

"Penyelenggara (operator) tetap akan kami verifikasi, karena itu justru yang paling krusial sekarang. Misalnya dari segi teknis, kemampuan finansialnya si operator seperti apa? Karena 'kan katanya mau ada match, jangan janji saja ternyata tidak dibayar," ucap Heru.

Senada, Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora Gatot S. Dewa Broto mengatakan bahwa hal ini tidak bermaksud untuk mengendorkan peraturan yang dibuat.

"Rencana semula memang semua data akan diserahkan kepada BOPI. Hanya saja setelah ada diskusi internal dari Kemenpora, BOPI, dan Tim Transisi, dan melihat Piala Kemerdekaan ini sifatnya turnamen, dan supaya tidak mundur-mundur lagi, makanya kami mengambil jalan tengah," kata Gatot.

"Kami sudah menakar antara ini harus di BOPI-kan atau tidak. Waktunya juga nanti bisa mundur padahal ini tujuannya untuk mengembalikan semangat sepakbola dulu, dan judulnya bukan kompetisi. Makanya ada toleransi yang kami berikan. Tapi intinya ini tidak mengurangi ketatnya verifikasi.

"Tentu ada pertanyaan toleransinya besar banget? Tapi ini jalan tengah ya harus begitu. Tapi kami tidak kendor kok. Memang tidak memuaskan semua pihak," pungkasnya.
Nuhun for visit Piala Kemerdekaan Bersifat Turnamen, BOPI Tak Jadi Memverifikasi Klub-Klub Peserta