Pages

Berita Sepak Bola : 'Piknik' Menyaksikan Kashima Antlers Berlaga

Berita Sepak Bola : 'Piknik' Menyaksikan Kashima Antlers Berlaga

sumber berita 'Piknik' Menyaksikan Kashima Antlers Berlaga : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/4880897f/sc/3/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A70C280C190A40A70C29774250C1490A0Cpiknik0Emenyaksikan0Ekashima0Eantlers0Eberlaga/story01.htm
Sepakbola dan rekreasi adalah dua hal yang amat bisa dipadukan. Akhir pekan kemarin, Sabtu (25/7/2015), saya berkesempatan menyaksikan laga J-League antara Kashima Antlers vs FC Tokyo yang oleh banyak keluarga dijadikan acara jalan-jalan.

"Cari saja di Seven Eleven terdekat. Biasanya tidak terjual habis karena bukan pertandingan baseball," demikian informasi yang saya terima ketika bertanya di mana bisa mendapatkan tiket pertandingan J-League.

Mengingat Jepang adalah negara yang mementingkan waktu dan efisiensi, saya tidak heran mendengar tiket tersebut dijual di tempat yang jauh terpisah. Sebenarnya, tiket pertandingan itu juga dijual langsung di stadion. Namun, lantaran tidak ingin mengambil risiko jauh-jauh datang ke stadion tapi tiketnya habis dibeli penonton lain, jadilah saya membeli tiket tersebut di Seven Eleven kawasan Shibuya, Tokyo, satu hari sebelum pertandingan.

Dengan bahasa Jepang seadanya (kalau tidak mau disebut amburadul), saya pun bertanya kepada penjaga toko perihal tiket pertandingan tersebut. Yang ditanya pun segera menunjuk ke mesin penjual khusus, di mana di dalamnya terdapat berbagai pilihan; mulai dari tiket pertandingan sepakbola hingga berbagai wahana rekreasi seperti museum Doraemon.

Salah satu tiket termurah pertandingan J-League dijual dengan harga 2.300 yen (sekitar Rp 250 ribu). Tiket seharga itu memberikan Anda sebuah tempat duduk di tribun belakang gawang. Mengingat Kashima Soccer Stadium, yang akan dijadikan arena pertandingan keesokan harinya, tidak memiliki lintasan lari sebagai pemisah antara tribun dan lapangan, tribun di belakang gawang menjadi salah satu spot terbaik.

***

Kashima Soccer Stadium terletak tidak jauh dari jalan tol yang menghubungkan Tokyo dan Kashima, yang terletak di Prefektur Ibaraki. Stadion berkapasitas 40.728 tempat duduk itu hanya berjarak 30 menit dari pintu tol. Keseluruhan perjalanannya sendiri bisa ditempuh dalam waktu 2 jam menggunakan bus yang berangkat dari Stasiun Sentral Tokyo.



Di sinilah menariknya. Ternyata tidak hanya pendukung FC Tokyo saja yang berangkat ke Kashima Soccer Stadium untuk menyaksikan pertandingan. Nyatanya, banyak juga pendukung Antlers berasal dari Tokyo. Malah, jumlah pendukung Antlers yang berangkat ke Kashima jauh lebih banyak dari pendukung FC Tokyo.

"Mungkin kalian baru bisa naik bus 20 menit lagi. Hari ini cukup padat karena ada pertandingan," ujar petugas penjual tiket kepada saya, usai membayar seharga 3.800 yen (sekitar Rp 414 ribu) untuk tiket pergi-pulang Tokyo-Kashima.
Nuhun for visit 'Piknik' Menyaksikan Kashima Antlers Berlaga