Pages

Berita Sepak Bola : Preview Community Shield 2015 dalam Infografis

Berita Sepak Bola : Preview Community Shield 2015 dalam Infografis

sumber berita Preview Community Shield 2015 dalam Infografis : http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656101/s/48a1cfa5/sc/13/l/0Lsport0Bdetik0N0Csepakbola0Cread0C20A150C0A80C0A20C0A915570C2980A9650C1480A0Cpreview0Ecommunity0Eshield0E20A150Edalam0Einfografis/story01.htm
Seperti biasa, pertandingan Community Shield akan menandakan segera dimulainya musim baru kompetisi Premier League. Ini hanya sebuah awal, seperti apa kesiapan dan potensi kemampuan Chelsea dan Arsenal untuk mengarungi musim mereka.

Kedua kesebelasan, dengan amunisi baru masing-masing, walau tampaknya masih akan berpilarkan nama-nama musim lalu, juga cukup sukses menjalani tur pramusim, karena tanpa kekalahan. Laga terakhir Chelsea ditutup cukup baik dengan menahan Barcelona 2-2, dengan Eden Hazard yang memperlihatkan penampilan sangat meyakinkan). Sedangkan laga terakhir Arsenal dihiasi kemenangan pada Emirates Cup melawan Wolfsburg dengan skor tipis 1-0, sekaligus menjadikan Arsenal sebagai juara turnamen mini tersebut.

Chelsea agaknya masih layak diunggulkan di laga ini. Statistik menjelaskan, dalam tujuh pertandingan terakhir antara Arsenal dan Chelsea, The Gunners belum pernah menang sekali pun. Bahkan Arsene Wenger pun ternyata belum pernah mengalahkan Jose Mourinho.

Namun Chelsea tetap harus waspada karena Theo Walcott, Mesut Oezil dan Santi Cazorla sedang dalam performa yang bagus. Walcott, yang terbilang familiar dalam menjebol gawang Chelsea, diramalkan akan menunjukkan hal itu lagi. Namun sebaliknya, Arsenal juga harus mewaspadai Hazard karena performanya selalu menjadi pembeda. Golnya ke gawang Barcelona di laga pramusim menjelaskan bahwa ia memang pemain spesial.

Seperti biasa, Arsenal memang digadang-gadang menjadi salah satu kandidat juara Premier League musim 2015/2016. Sesiap apa mereka menjadi kandidat, pertandingan melawan Chelsea nanti malam bisa menjadi salah satu tolok ukurnya. Jika dapat mengatasi pertahanan kuat Chelsea dan keluar sebagai pemenang, maka bolehlah dikatakan Arsenal menjadi pesaing kuat untuk jadi juara musim ini.

Kendati demikian, apapun hasil laga ini, baik Chelsea maupun Arsenal sepertinya masih harus terus mempersiapkan diri menghadapi Premier League 2015/2016. Setidaknya masih ada waktu sepekan lagi hingga kick-off liga dimulai. Dan masih ada waktu sekitar sebulan lagi untuk mendatangkan pemain baru hingga jendera transfer ditutup.

Jangan lupa juga, kendati bisa mendatangkan prestise tersendiri, dan sedikit banyak bisa memberikan gambaran kesiapan kedua kesebelasan, hasil di laga ini tidak terlalu menentukan siapa yang akhirnya akan menjadi juara liga.

Ada catatan statistik menarik yang mungkin perlu dicermati. Sejak digelar pada 1908, saat masih menggunakan nama Charity Shield, berarti telah 92 kali juara bertahan liga bertarung dengan juara Piala FA. Hanya 18 di antara 92 pemenang yang akhirnya menjadi juara liga di akhir musim. Itu artinya, tingkat keberhasilan juara liga di antara pemenang Charity/Community Shield tidak sampai 20%, persisnya hanya 19,6%.





====

* Teks dan Infografis oleh Irfan Muhammad dari Pandit Football Indonesia.


Nuhun for visit Preview Community Shield 2015 dalam Infografis